Bursa Transfer

Cat-2

Cat-3

Cat-4

» » » Alasan Kenapa Malaysia Batalkan Uji Coba dengan Indonesia





Suara dan hentakan para suporter TIMNAS Indonesia terus menggema selama pertandingan Turkmenistan VS Indonesia itu. Meskipun sempat dibuat deg deg ser melihat Turkmenistan mampu mengejar ketertinggalan, namun akhirnya TIMNAS Indonesia dengan mempersembahkan kemenangan untuk Indonesia. Ya, Indonesia menang melawan Turkmenistan. Saya saja yang acuh tak acuh dengan sepakbola jadi ikutan bangga.
Untuk pemanasan menghadapi laga putaran tiga Pra Piala Dunia 2014 zona Asia mengahadapi Iran dan Bahrain, Indonesia mengadakan latihan uji coba dengan Malaysia pada 10 Agustus namun ternyata di tunda hingga 14 Agustus di Kuala Lumpur. Tapi ternyata, kemarin tersiar kabar kalau negeri melayu tersebut membatalkan latihan uji coba tersebut ! Hemm, ada apa ya? Menurut sumber dari salah satu stasiun TV, pembatalan tersebut berasal dari pihak Malaysia. “Dalam suratnya mereka mengatakan sangat menyesal atas keputusan ini. Mereka menyatakan alasan ‘menemukan suatu kondisi diluar kemampuan mereka. Malaysia juga telah meminta maaf kepada AFC atas pembatalan ini”, ujar koordinator bidang timnas PSSI Bob Hippy. Alasa yang menurut saya tidak jelas.
Pihak TIMNASpun telah mencari negara pengganti untuk uji coba seperti Australia dan Korut (Korea Utara). Saat ini TIMNAS tengah mengirim surat ke beberapa Sekjen negara lain, dan Australia masih dalam penjajakan dan telah menghubungi kedubes Australia untuk menghubungi lebih lanjut. Sedangkan untuk Korut, sekarang masih menunggu negosiasi fee. Jika telah sepakat kemungkinan uji coba digelar tanggal 15 hingga 18 agustus. Bob Hippy menambahkan setidaknya mengagendakan 2 kali uji coba untuk persiapan menghadapi Iran dan Bahrain.
Saya masih rancu dengan alasan dari pihak Malaysia yang mengatakan “Menemukan suatu kondisi diluar kemampuan mereka”, apa masalah yang menyebabkan mereka tidak bisa mengatasinya ? Ternyata di luar itu Malaysia membatalkan uji cobanya dengan negara Oman yang direncanakan digelar 10 Agustus, tanggal pertama yang menjadi kesepakatan sebelumnya dengan Indonesia. Setelah FAM (Football Association of Malaysia) berkonsultasi dengan pelatih Malaysia Raja Gopal, hal ini dikarenakan Raja Gopal menilai uji coba harus diikuti oleh pemain terbaik dari kedua tim.
Menurut Raja Gopal ada 8 pemain malaysia yang tidak bisa ikut uji coba ini karena ke-8 pemain tersebut tengah mengikuti pelatnas TIMNAS U-23 di Slowakia yang dipersiapkan untuk Olimpiade 2012 dan SEA GAMES 2012. Tidak jelas siapa saja ke-8 pemain tersebut, dia hanya mengatakan ke-8 pemain tersebut memperkuat Malaysia di ajang AFF 2010 lalu. “Kami menginginkan pertandingan yang tangguh, kompetisi yang kuat,” kata Rajagopal melalui percakapan telpon seluler dengan pemimpin redaksi GOAL.com Indonesia Bima Said. “Namun saat ini tim kami belum lengkap. Saya kehilangan delapan pemain. Tidak adil rasanya kalau tim kami tidak tampil dengan kekuatan penuh, tidak fair bagi Indonesia yang ingin mempersiapkan kualifikasi Piala Dunia semaksimal mungkin, tidak fair pula bagi kami,” tambah Rajagopal. Sehubungan dengan kontra uji coba Malaysia dengan Indonesia, Raja Gopal belum mendapat konfirmasi dari FAM.
Memang penting sekali ya ke-8 pemain Malaysia tersebut hingga si Raja Gopal harus membatalkan uji coba dengan 2 negara sekaligus yaitu Oman dan Indonesia. Namanya saja uji coba, di coba uji sajalah dulu pemain yang mungkin tidak lebih jago dari ke-8 pemain yang katanya terbaik itu,  Toh bisa menjadi bahan pembanding sebagai evaluasi dari TIMNAS Malaysia sendiri.

oleh

Jeny Widya Pangestika | kompasiana

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

About the Author Muhammad Afdhal

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments

Leave a Reply

Streaming

video

Sepak Bola

INTER Dalam Sejarah

Artikel Bebas