Bursa Transfer

Cat-2

Cat-3

Cat-4

» » » » Fakta Unik Derby Della Laterna (Genoa vs Sampdoria)


Derby della Lanterna adalah derby kota Genova. Ketika kebanyakan orang mendengar kata-kata "derby Italia", mereka pasti berpikir tentang derby dari Milan, Roma atau Turin, atau pertandingan antara Inter dan Juve, tetapi bagi rakyat Genova, "Derby della Lanterna" adalah derby ultras qiuntesential yang menarik. Alasannya sederhana: THE PASSION!

Beberapa fakta tentang Derby Della Lanterna:

- Genoa didirikan pada tahun 1893, membuat mereka klub italia tertua. Mereka mengenakan warna merah dan biru gelap.
- Sampdoria didirikan pada tahun 1946 oleh penggabungan dua tim sepak bola genoa yang sudah ada, Ginnastica Sampierdarenese dan Andrea Doria.Mereka juga menggabungkan warna dari dua klub, dan membuat Sampdoria memiliki icon satu-satunya klub di dunia yang memiliki 4 warna resmi : biru, putih, merah dan hitam.
- Genoa 1893 memenangkan kejuaraan italia yang pertama(scudetto), Namun Sampdoria memenangkan "Derby della Lanterna" pertama kalinya, 3-0 pada tahun 1946.
- Kedua tim memenangkan 10 Scudetti gabungan, Genoa menang 9 (yang terakhir pada tahun 1924) dan Sampdoria menang 1 pada tahun 1991.
- Klub-klub tidak hanya berbagi kota, tetapi mereka juga berbagi stadion yang sama, Stadion Luigi Ferraris atau Marassi Stadion.
- "Derby della Lanterna" memiliki banyak sejarah kelompok ultras.Ultras pertama di Genoa adalah Ultras Tito Tito Cucchiaroni dibentuk pada tahun 1969, salah satu kelompok pertama yang menggunakan nama ULTRAS. 
- Setelah mengalami beberapa bentrokan serius kedua kelompok pendukung menyepakati gencatan senjata, dan menyetujui jika pertempuran hanya terjadi di tribun.
- "Derby della Lanterna" paling dikenal menampilkan choreographical yang mengagumkan.





















«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

About the Author Muhammad Afdhal

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments

Leave a Reply

Streaming

video

Sepak Bola

INTER Dalam Sejarah

Artikel Bebas