Bursa Transfer

Cat-2

Cat-3

Cat-4

» » » Wawancara Jose Mourinho: Madrid Berjaya Musim Depan



SOSOK yang satu ini selalu penuh kontroversi. Meledak-ledak, psywar yang kadang berlebihan, sukses diimbangi dengan bukti-bukti prestasi di lapangan hijau. Boleh saja musim perdananya di Real Madrid hanya mendapat trofi Copa del Rey, namun nama besar The Special One tetap bergaung keras. Sebulan sejak mendapat hukuman harus lima kali absen mendampingi El Real, Jose Mourinho akhirnya buka suara melalui perbincangan khusus via radio Cadena Ser, kemarin.
Banyak hal terungkap dari acara yang ditunggu-tunggu kalangan Madridistas tersebut. Pada intinya, Mou berjanji akan menghadirkan era baru sepakbola Real Madrid. DI luar sana, sebenarnya indikasi tersebut sudah bisa terlihat dengan proses transfer luar biasa cepat untuk mendapatkan beberapa punggawa mumpuni; Nuri Sahin, Hamit Altintop, Jose Callejon dan yang paling aktual adalah bek kiri Fabio Coentrao dan Cesc Fabregas.
Ia memandang tahun depan bakal menjadi momen luar biasa bagi Los Galacticos, terutama dengan kehadiran para pemain baru berkaulifikasi bintang tujuh. Campuran gairah anak muda menjadi elemen terpenting, yang menurut Mou, bakal menjadi ‘reakto nuklir’ luar biasa.
Berikut petikan wawancara pemilik nama panjang José Mário dos Santos Félix Mourinho tersebut, yang diakumulasikan dari The Canadian Press, SkySports, Marca.com dan Xinhua.
SEBELUM ke level klub, bagaimana sebenarnya pendapat Anda tentang hukuman yang diberikan kepada Anda?
SAYA adalah saya, dan bagaimana saya hanya saya yang tahu. Saya juga tak mengerti dengan hukuman yang mereka berikan padaku. Ini sungguh irrasional karena saya tak berbuat terlalu kejam seperti yang mereka dakwakan. Mungkin lain kali saya harus banyak belajar tentang hal itu, karena saya sungguh tak lihai. Saya pikir keputusan itu sangat tidak fair, tapi saya tak perlu khawatir dengan image pribadiku, karena saya murni membela kepentingan Real Madrid.
BAGAIMANA Anda menilai secara pribadi musim ini?
SANGAT menyenangkan, gairahku sangat tinggi dan yang pasti menjadi tahun yang sangat sibuk buatku, tapi saya sangat menikmati semua hal yang terjadi di lingkup sepakbola. Saya tak merasa letih, karena itulah arti sesungguhnya jika Anda mencintai pekerjaan di dunia yang selayaknya ada dalam pikiran. Saya bepikiran sederhana saja, dan semua itu membuat musim pertamaku di La Liga sangat menyenangkan, entah bagi orang lain, yang mungkin saja terganggu dengan keasyikan metodeku.
TENTANG kekuatan lawan, terutama Barcelona?
SAYA pikir La Liga musim lalu tak hanya bicara tentang Barcelona, tapi keseluruhan tim. Mereka semua sangat berambisi mengalahkan kami, dan ternyata di beberapa hal kami tersandung akibat kesalahan sendiri. Saya tak ingin berpolemik lagi, Barcelona tim bagus dan merata ditambah level kolektifitas bermain tinggi. Soal individu, jelas pasukanku yang menang, karena Cristiano berhasil melampaui pencapaian Leo Messi. Saya melihat Valencia, Villarreal, Malaga dan Athletic Bilbao adalah tim terkonkret yang selalu mengirim ancaman. Justru Atletico Madrid yang menurutku bermain di bawah top form mereka.
ANDA berhasil menghadirkan trofi Copa del Rey setelah 18 tahun tak pernah digenggam kubu Bernabeu. Pendapat Anda?
TENTU saja saya sangat senang, tapi belum puas, karena sesungguhnya target kami adalah juara Primera Division dan berjaya di Liga Champions. Tapi setidaknya, trofi itu membuktikan anak buahku punya kualitas fisik dan mental luar biasa.
KEKURANGAN tim Anda?
TERAMAT banyak, tak cukup dijabarkan hanya dalam rentang sesaat, dan hanya saya yang mengetahui kelemahan itu. Kami tim muda dan inilah Real Madrid yang sesungguhnya. Dalam tiga atau empat tahun ke depan, kami akan menjadi raja Eropa degan menghadirkan era sepakbola modern benua Biru ala Los Galacticos.
SETINGGI itukah optimisme Anda?
JUSTRU itulah saya, dan saya tahu bagaimana saya harus melakukan langkah-langkah terbaik bagi Real Madrid. Setahun kemarin, Anda bisa melihat kualitas permainan kami dengan komposisi CR7, Mesut Oezil, Angel Di Maria, Karim Benzema, Xabi Alonso, Pepe, Marcelo sampai Sergio Ramos. Artinya, kami memiliki bintang-bintang muda yang makin mengukuhkan optimisme kami musim depan.
ANDA punya alasan khusus?
TENTU saja, tpai bukan maslaah teknis. Sepanjang sejarah karierku, saya selalu memberi yang terbaik di tahun keduaku. Saya sudah membutkikan itu saat menukangi Porto, Chelsea dan Inter Milan. Meski tidak bisa seratus persen, setidaknya saya bisa membawa tim ini terus berkembang dan melewati Barcelona. Saya yakin, musim depan kami akan meraih trofi La Liga, melangkah ke final Liga Champions dan memenangi lagi Copa del Rey.
BAGAIMANA dengan langkah manajemen di bidang transfer pemain musim ini, puaskah tiga pemain yang sudah didapat?
SAYA belum melihat secara utuh kemampuan mereka. Menurutku Sahin adalah pemain terbaik di Bundesliga, dan kami beruntung bisa mendapatkannya secepa ini. Sahin memiliki masa depan cerah, sama seperti Oezil, Marcelo, Angel Di Maria dan Karim Benzema.
TERKAIT kebijakan transfer. Beberapa waktu lalu banyak spekulasi beredar tentang nasib Karim Benzema selepas Higuain sembuh dan Adebayor bermain bagus. Adakah keputusan dari Anda?
SAYA menegaskan, Karim Benzema dan Gonzalo Higuain justru menjadi kekuatan utamaku untuk membentuk tim super Real Madrid. Dua orang ini memiliki ketajaman luar biasa, dan hanya pelatih bodoh yang harus melepaskan satu di antaranya. Mereka tak akan dijual, karena menjadi unsur utama pembentukan tim.
MAKSUD Anda?
SUDAH jelas, secara teknis Higuain dan Benzema bakal menjadi pasangan dahsyat dengan dukungan Cristiano, Ozil, Angel Di Maria, Nuri Sahin, Xabi Alonso, Sami Khedira, dengan deputi Hamit Altintop serta Jose Callejon. Di lini belakang juga kian solid, karena saya sedang menunggu kesediaan Fabio Coentrao untuk bergabung. Jika berhasil, lini belakang makin sempurna, karena di sana bisa berkolaborasi bagus Sergio Ramos, Ricardo Carvalho, Pepe, Alvaro Arbeloa, Garay dan Coentrao sendiri.
ANDA punya penilaian tersendiri tentang Coentrao?
ANDA pasti sudah tahu, dia juga diburu tim-tim besar seperti Manchester United, Chelsea, Liverpool dan Bayern Muenchen. Jadi tak perlu ragu lagi tentang kualitas individunya. Dia seorang pemain besar, saya sangat suka dengan ketajaman permainannya, bisa bermain di semua posisi, sehingga pemain seperti dia akan sangat berguna di Bernabeu.
SOAL Kun Aguero?
KUN juga pemain yang sangat fantastik, dia tipikal penyerang modern yang mau turun mengambil bola. Kami bahkan sempat takut begitu berbicara tentang kemampuannya menjebol jala lawan. Saya tak ingin berbicara terlalu jauh, tapi jika memang dia berhasrat menyeberang, saya dengan senang hati menerimanya.
BAGAIMANA dengan Adebayor dan Pedro Leon?
ADE pemain yang mengerti keinginan tim, dan dia sudah menunjukkan potensi luar biasa meski hanya setengah musim. Kami terus bernegosisasi dengan City, apalagi pemainnya sendiri masih ingin bersama dengan kami. Dia penting bagi Madrid untuk menjaga keseimbangan sepanjang musim. Tentang Pedro, saya sudah berbicara dengannya, dan kemungkinan dia akan pergi dengan status pinjaman ke tim lain.
ANDA ditengarai menjadi otak di belakang tergusurnya Jorge Valdano dari jajaran manajemen. Bagaimana itu bisa terjadi?
SAYA pikir tergantung dari sudut mana Anda melihat, karena saya tak ingin ada perpecahan di tim. Intinya, saya hanya ingin merdeka dalam menentukan siapa saja pemain yang dibutuhkan tim dan metode apa yang akan saya lakukan di lapangan, terutama soal teknis formasi. Ini menjadi wewenang penuh pelatih, dan jika ada orang lain yang ingin mencampuri sampai sejauh itu, tentu saja saya tidak suka. Secara personal saya suka Valdano, saya harap dia bisa mendapat yang terbaik. Saya hanya tidak senang dengan bagaimana dia pergi dari klub ini.
TANTANGAN terbesar musim depan?
DIRI sendiri. Barcelona dan tim lain hanya berfungsi sebagai pelengkap, artinya kami harus memiliki kemampuan untuk mengendalikan diri. Saya akan membawa beberapa pemain muda dari Real Madrid B, dan itu membutuhkan keseimbangan mental agar mereka tak jumawa. Begitu juga sederet pemain bintangku seperti Cristiano, Ozil, Di Mari, Benzema, Higuain, Alonso, Pepe, Ramos, Marcelo, Sahin, Altintop, Callejon sampai Khedira, mereka tak berarti apa-apa jika tak bisa mengendalikan permainan sendiri.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

About the Author Muhammad Afdhal

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments

Leave a Reply

Streaming

video

Sepak Bola

INTER Dalam Sejarah

Artikel Bebas